BAB. I
PENDAHULUAN
A. Deskripsi
Dalam modul ini anda akan dibimbing untuk dapat menggunakan peralatan tangan dengan benar sehingga mempunyai kemampuan untuk mengolah bahan balok (5/5) dan papan (2/20) menjadi suatu produk yang bermanfaat dan sempurna pembuatannya. Kemampuan ini akan menunjang kompetensi berikutnya sehingga peserta diklat dapat bersaing di dunia kerja dengan kemampuan yang dimiliki.
B. Pra syarat
Sebelum mempelajari modul ini tentunya peserta diklat wajib mengikuti kompetensi sebelumnya yaitu modul 001 , 002, 003, 101, dan 102 dan terutama peserta diklat harus mampu memahami gambar kerja bangku sehingga hasil produk yang dicapai sesuai dengan tujuan yang diharapkan. karya yang dihasilkan dapat ditambah dengan keahlian lain agar lebih indah dilihat, oleh karena itu bisa didukung oleh kemampuan modul yang lain seperti ukir dan sekrol.
C. Petunjuk Penggunaan Modul
1. Pelajari daftar isi serta skema kedudukan modul dengan cermat dan teliti. Karena dalam skema modul akan nampak kedudukan modul yang sedang Anda pelajari dengan modul-modul yang lain.
2. Kerjakan soal-soal dalam cek kemampuan untuk mengukur sampai sejauh mana pengetahuan yang telah Anda miliki.
3. Apabila dari soal dalam cek kemampuan telah Anda kerjakan dan 70 % terjawab dengan benar, maka Anda dapat langsung menuju Evaluasi untuk mengerjakan soal-soal tersebut. Tetapi apabila hasil jawaban Anda tidak mencapai 70 % benar, maka Anda harus mengikuti kegiatan pemelajaran dalam modul ini.
4. Perhatikan langkah-langkah dalam melakukan pekerjaan dengan benar untuk mempermudah dalam memahami suatu proses pekerjaan.
5. Pahami setiap materi teori dasar yang akan menunjang dalam penguasaan suatu pekerjaan dengan membaca secara teliti. Kemudian kerjakan soal-soal evaluasi sebagai sarana latihan.
6. Untuk menjawab tes formatif usahakan memberi jawaban yang singkat, jelas dan kerjakan sesuai dengan kemampuan Anda setelah mempelajari modul ini.
7. Bila terdapat penugasan, kerjakan tugas tersebut dengan baik dan bilamana perlu konsultasikan hasil tersebut pada guru/instruktur.
8. Catatlah kesulitan yang Anda dapatkan dalam modul ini untuk ditanyakan pada guru pada saat kegiatan tatap muka. Bacalah referensi lainnya yang berhubungan dengan materi modul agar Anda mendapatkan tambahan pengetahuan.
D. Tujuan Akhir
1. Kinerja yang diharapkan:
a. Mampu mempersiapkan pekerjaan dengan benar
b. Mampu mempersiapkan bahan & alat dengan tepat
c.Mampu menggunakan peralatan dengan benar
d. Mampu menghasilkan benda kerja yang sesuai dengan gambar kerja dengan tepat
e. Mampu menghaluskan benda keja serta dapat membersihkan dan merawat alat keja sesuai pada tempatnya.
2. Kriteria keberhasilan:
a. Mampu membaca instruksi dengan benar
b. Memiliki ketrampilan dasar kerja bangku
c. Mahir menggunakan peralatan kerja secara optimal
d. Memiliki kemampuan membuat produk secara terukur dan benar
e. Memiliki sifat kooperatif dan dapat menerima masukan dari instruktur maupun rekan sekerja
f. Mempunyai kedisiplinan terhadap waktu
3. Kondisi atau variable yang diberikan :
a. Kondisi lingkungan kerja yang memenuhi persyaratan kerja bangku
b. Ketersediaan modul dan informasi tentang produk kayu
c. Peralatan yang memadai untuk proses kerja bangku
d. Pemilihan bahan yang menjamin kwalitas pekerjaan kerja bangku
E. Kompetensi
KOMPETENSI : Menggunakan Peralatan Tangan dan Peralatan Listrik
KODE : MBL.KYU.002 (1) A
DURASI PEMELAJARAN : 104 Jam @ 45 menit
LEVEL KOMPETENSI KUNCI | A | B | C | D | E | F | G |
1 | 2 | 2 | 1 | 2 | 1 | 1 |
KONDISI KINERJA | 1. Unit ini berlaku untuk melaksanakan pekerjaan kerja bangku yang penekanannya pada pembuatan benda konstruksi dengan alat tangan, seperti membuat pelbagai jenis konstruksi geometris, membuat bentuk geometris secara terukur, membuat sambungan, dan merakit beberapa komponen dengan bahan kayu balok (5/10) dan papan (3/30). 2. Persyaratan kualitas terletak pada pemahaman siswa dalam praktik kerja bangku , keaktifan instruktur dan pelaksanaannya di tempat kerja, meliputi: § Tingkat keterampilan dasar penguasaan alat tangan utama. § Tingkat kesulitan produk yang dibuat. § Tingkat kepresisian hasil kerja. § Tingkat kejelasan gambar yang dipergunakan. § Kualitas peralatan, baik alat potong, serut, tatah maupun alat penghalus. § Arahan instruksional, baik dalam modul maupun penjelasan dari instruktur. |
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
1. Mengenali peralatan tangan dan peralatan listrik | § Opersional penggunaan peralatan listrik secara baik dan benar | § Mengenal Penggunaan peralatan listrik dalam pengoperasian bengkel § Mengetahui Macam serta fungsi /kegunaan peralatan tangan dan peralatan listri § Mengenal Sumber listrik § Memahami dan mematuhi Persyaratan K3 penggunaan peralatan listrik | § Penggunaan peralatan listrik dalam pengoperasian bengkel dikenali § Macam serta fungsi /kegunaan peralatan tangan dan peralatan listrik diketahui. § Sumber listrik dikenali § Persyaratan K3 penggunaan peralatan listrik dipahami dan dipatuhi | Pengamatan Tanya jawab | 2 | 6 (12) | | Aminudin 2000 Mesin portable dan statis Jakarta Gema gempita Alat-alat pertukangan kayu PIKA Semarang Mesin Tangan Industr Kayu PIKA Semarang |
No comments:
Post a Comment